Cara Charge HP Xiaomi yang Baik dan Benar Agar Baterai Awet

Sabtu, November 17, 2018

Cara Charge HP Xiaomi yang Baik dan Benar Agar Baterai Awet – Salah satu komponen yang sering dipertanyakan ketika seseorang membeli hp atau smartphone baru adalah mengetahui berapa kapasitas baterainya. Karena menurut saya daya tahan baterai sangatlah penting terutama bagi teman sekalian yang sering beraktivitas diluar rumah. Smartphone Xiaomi sendiri rata-rata sudah dibekali baterai yang daya tahannya bisa dibilang cukup tangguh, terlebih lagi ada juga yang sudah dilengkapi dengan fitur Fast Charging dimana proses charge hp menjadi lebih cepat.
Bicara soal baterai smartphone Xiaomi, pada kesempatan kali ini saya punya beberapa tips yang tentunya sangat bermanfaat bagi kalian semua, yaitu bagaimana Cara Charge HP Xiaomi yang Baik dan Benar Agar Baterai Awet. Saat melakukan charge baterai hp, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal dibawah ini agar proses charging menjadi lebih cepat dan tentunya baterai lebih awet. Penasaran? Yuks simak tips berikut ini.


1. Gunakan Charger atau Alat Cas Original dari Xiaomi


Beberapa orang berpendapat kalau charge hp Xiaomi menggunakan sembarangan cas tidak ada efek sampingnya. Tapi perlu kamu ketahui kalau lebih baik menggunakan charger Original merek Xiaomi. Charger original ini biasanya didapatkan saat pertama kali kamu membeli hp Xiaomi. Perlu kamu ketahui juga setiap tipe hp memiliki kapasitas dan tegangan listrik yang berbeda-beda jadi pastikan kamu tidak menggunakan sembarangan charger. Hal ini juga salah satu penyebab terjadinya Ghost touch.

2. Lakukan Charging Langsung dari Charger


Ada baiknya kamu melakukan charge hp langsung dari colokan listrik atau terminal, tidak boleh melalui slot USB yang ada di Laptop atau Komputer. Karena pada umumnya slot USB pada Laptop maupun komputer memiliki arus yang lebih kecil (sekitar 0,5 Ampere). Walaupun kelihatan sama-sama berfungsi layaknya sebuah charger, tetapi daya yang diterima jelas lebih rendah dan hal ini menyebabkan proses charging menjadi lebih lama dari biasanya.


3. Gunakan Kabel USB yang Original dan Berkualitas


Selain kepala charger, kamu wajib memperhatikan kabel USB apakah original dan berkualitas ataukah tidak. Karena seperti yang kita ketahui, harga kabel USB ada beraneka macam, mulai dari yang belasan ribuan hingga ada yang ratusan ribu. Tentu saja kualitas berbeda, tidak apa-apa kamu mengeluarkan uang lebih banyak tetapi mendapatkan yang bagus, daripada membeli yang murah tapi hasilnya tidak memuaskan sama sekali. Jadi Saya sarankan agar menggunakan kabel USB yang original.

4. Charging HP dalam Mode Pesawat


Walaupun sebuah smartphone dalam keadaan tidak terpakai atau stand by, smartphone tersebut akan terus bekerja menangkap sinyal dari operator agar tetap terhubung dan bisa digunakan untuk berkomunikasi kapanpun. Memang tidak begitu banyak daya yang dikeluarkan dalam proses ini, akan tetapi jika kamu non-aktifkan jaringan operator dengan cara masuk ke mode pesawat, proses charging akan menjadi sedikit lebih cepat.

5. Charging dalam Posisi Tidak Menyala


Melakukan pengisian daya baterai smartphone dalam keadaan mati (shutdown) lebih efektif ketimbang mengaktifkan mode pesawat, karena arus listrik yang masuk benar-benar difokuskan untuk proses pengisian baterai sehingga waktu pengisian menjadi lebih cepat. Tetapi kalau memang kamu lagi sedang membutuhkan informasi atau sedang berkomunikasi dan tiba-tiba lowbatt, boleh-boleh saja charging sambil digunakan.

6. Menggunakan Charger yang Sudah Mendukung Quick Charge


Rata-rata charger smartphone memiliki daya listrik 1 Ampere. Charger yang sudah mendukung Quick Charge biasanya dayanya sekitar 2 Ampere atau bahkan lebih. Mengisi daya baterai menggunakan Quick Charger membuat pengisian baterai menjadi dua kali lebih cepat, namun suhu baterai akan lebih cepat panas. Tapi jangan khawatir karena itu terjadi diawal-awal saja, ketika sudah terbiasa suhu akan menjadi normal kembali. Tetapi sebelum menggunakan Quick Charger periksa dulu daya atau kapasitas baterai di smartphone kamu, apakah hp kamu sudah mendukung fast charging atau belum, jika belum sebaiknya jangan dicoba karena mungkin bisa berbahaya.

7. Isi Daya baterai Ketika Ponsel dalam Keadaan Dingin


Pada saat pengisian daya baterai, suhu baterai atau bahkan suhu hp akan menjadi sedikit panas. Namun jangan khawatir karena hal ini adalah wajar mengingat listrik yang masuk ke baterai akan menimbulkan reaksi kimia yang berakibat panas. Oleh karena itu, sebelum mengisi baterai hp Xiaomi, usahakan untuk mendinginkannya terlebih dahulu, bisa dengan cara membiarkan hp anda di lantai keramik, karena suhu lantai cenderung dingin.

8. Jangan Bermain Game Ketika Proses Charging


Kebanyakan orang kebiasaan bermain game sambil charge hp, apalagi ketika seru-seru war di Mobile Legends tiba-tiba baterai lemah. Sebenarnya charge sambil main game itu tidak baik, karena suhu hp anda akan meningkat dua kali lipat diakibatkan efek panas dari pengisian baterai ditambah dengan efek panas dari proses gaming yang lumayan berat itu. Kalau dibiarkan, hal ini bisa merusak baterai hp anda, terlebih lagi buat hp Xiaomi yang sudah menggunakan baterai tanam, tentunya akan sangat merepotkan jika suatu saat mau mengganti baterai.

9. Jangan Biarkan Daya Baterai Sampai 0% baru di Charge.


Kebanyakan orang bermain hp tanpa memperhatikan daya baterai dan akhirnya hp mati total karena baterai benar-benar kehabisan daya. Sebenarnya dengan membiarkan baterai hp hingga 0% bisa memperpendek umur baterai ponsel anda. Normalnya, ketika sudah ada peringatan baterai melemah (biasanya saat mencapai 20%) sebaiknya kamu segera melakukan pengisian daya, dengan begini proses pengisian menjadi lebih cepat dan umur baterai lebih bertahan lama.

10. Tunggu Daya 100% baru Dicabut.


Ketika melakukan charge daya baterai, tunggu hingga daya baterai benar-benar penuh (100 persen) baru dicabut. Karena ada beberapa orang, ketika charge sudah mencapai 50 persen lebih mereka langsung mencabutnya dan menggunakannya. Ini sama saja seperti pada poin ke-9 diatas, bisa memperpendek umur baterai sekaligus siklus baterai ponsel. Contoh saja misalkan baterai ponsel kamu normalnya bertahan 18 jam, akan berkurang menjadi mungkin hanya 6 jam karena keseringan charge tidak sampai full.

Tambahan: Tips ini tidak hanya berlaku buat HP Xiaomi saja, melainkan juga bisa diterapkan buat smartphone-smartphone merek lainnya seperti Oppo, Asus, Samsung, Ace dan lainnya.

Okelah sobat BRAND Tech, itulah bagaimana Cara Charge HP Xiaomi yang Baik dan Benar Agar Baterai Awet, semoga bermanfaat bagi kamu yang membaca dan selamat mencobanya. Jika kamu punya pertanyaan atau tambahan, silahkan komentar saja dibawah.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »