Apa Saja Kriteria Blog Agar Diterima Google Adsense?

Jumat, Mei 25, 2018

Apa Saja Kriteria Blog Agar Diterima Google Adsense - Beberapa bulan lalu saya pernah mencoba mendaftarkan blog ini ke Google Adsense, sempat membaca tips-tips dari blog lain agar mudah diterima, menerapkan tips-tips yang katanya "ampuh" tersebut, tetapi ternyata hasilnya ditolak. Saya mencoba mendaftar lagi berkali-kali namun tetap saja ditolak dengan alasan konten tidak memadai. Karena hal itu, saya memutuskan untuk JV saja sekalian biar bisa PO tiap bulan. Beberapa lama saat JV berjalan, saya iseng-iseng mendaftar adsense dengan blog seadanya dan akhirnya diterima. Sejak saat itu saya menyadari bahwa untuk bisa diterima menjadi Publisher Google Adsense, kamu tidak perlu susah-susah payah update artikel setiap hari. Nyatanya blog saya diterima kurang dari 24 jam dan bahkan saya belum sempat menulis artikel terbaru di blog itu. Dengan cara yang sama, saya mencoba mendaftar ke Adsense kembali dengan 2 blog yang berbeda dan ternyata diterima juga.


Jadi, pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi yang saya teliti dan saya pelajari selama saya mendaftar akun adsense hingga Fully Approved. Semoga apa yang akan saya bagikan ini mudah dimengerti dan bisa memberi jalan buat teman-teman yang mungkin sampai sekarang masih ditolak menjadi publisher Adsense. Tanpa perpanjang kata lagi langsung saja simak Kriteria Blog Agar Diterima Google Adsense berikut ini.

1. Umur Blog Harus diatas 6 Bulan ?

Untuk kriteria yang pertama ini saya kurang tahu pasti, tapi sesuai pengalaman pribadi, saya mendaftarkan ke Adsense saat blog saya sudah mencapai umur lebih dari 1 tahun. Namun ada beberapa blogger lain yang "katanya" berhasil diterima dengan blog yang berumur hanya 1 bulan saja. Tapi saran saya sebaiknya jangan terburu-buru dengan Adsense, fokus dulu untuk membuat konten-konten yang menarik karena semakin bagus konten blog kamu maka akan semakin besar peluang untuk diterima.

2. Berapa Jumlah Visitor Minimal agar Diterima Google Adsense ?

Menurut saya, jumlah visitor tidak berpengaruh. Mungkin kamu pernah membaca artikel mas Sugeng tentang Rahasia Cara Daftar Google AdSense Agar Mudah Diterima, disana dia mengatakan kalau blognya hanya memiliki visitor dibawah 50 perhari dan ternyata berhasil diterima. Blog saya juga pernah diterima hanya dengan belasan visitor perharinya. So menurut saya visitor tidak begitu berpengaruh.

3. Berapa Jumlah Artikel Minimal agar Diterima Google Adsense ?

Ada blogger yang hanya dengan 5 artikel sudah diterima, dan ada juga yang sudah puluhan bahkan ratusan artikel namun masih saja ditolak. Pengalaman pribadi, saya mendaftar ke Adsense saat jumlah artikel blog saya mencapai 130 artikel. Semua artikel tersebut original (buatan sendiri) tanpa copy-paste dari situs lain. Saran saya, perbanyak jumlah artikel dan usahakan setiap artikel memiliki jumlah kata minimal 400 kata. Semakin banyak artikel original di blog kamu, maka semakin besar pula peluang agar diterima Google Adsense.

4. Rutin Update Artikel Setiap Hari pada Tahap Review ?

Di blog-blog lain mengatakan kalau blog yang sedang dalam tahap review Google Adsense, wajib menerbitkan minimal 1 artikel setiap harinya. Namun saya sendiri tidak update artikel sama sekali pada saat tahap review tetapi tetap diterima. Sebenarnya ini dari pribadi masing-masing, jika agan punya banyak waktu untuk menulis, mengapa tidak update saja? Kalau saya pribadi sibuk dengan hal lain sehingga tidak sempat untuk menulis artikel baru.


5. Template yang Sederhana dan Bagus ?

Untuk templatenya saya sudah mencoba mendaftar dengan berbagai macam template dan hasilnya tetap diterima. Jadi menurut saya template tidak begitu berpengaruh, tapi saran saya agar menggunakan template yang Sederhana, SEO dan pastikan kamu sudah mengatur warna, tata letak dll agar enak dipandang.

6. Menu Navigasi Wajib Dibuat ?

Ini yang menurut saya paling penting. Sebelum mendaftar ke Adsense, pastikan blog kamu sudah memiliki menu navigasi yang baik. Jangan lupa juga untuk membuat menu seperti Privacy Policy, Disclaimer, Sitemap dan About. Karena tanpa hal-hal tersebut maka kemungkinan diterima akan sangat kecil. Saya sendiri sudah membuatnya sebelum mendaftar ke Adsense.

7. Berdoa dan Bersabar

Setelah semuanya sudah kamu lakukan, tidak ada salahnya kamu sisikan waktu sejenak untuk Berdoa agar blog kamu dengan cepat diterima. Karena segala sesuatu didunia ini tidak ada yang mustahil (*kok malah jadi ceramah sih). Kalau masih ditolak, tetaplah Bersabar dan terus berjuang, namun jika sudah diterima maka jangan lupa juga buat Bersyukur.

Dibawah ini adalah salah satu Screenshot email saat blog saya diterima Google Adsense:


Sekian dulu postingan saya kali ini tentang Apa Saja Kriteria Blog Agar Diterima Google Adsense. Semoga bermanfaat bagi agan-agan semua yang sudah membacanya. Terima kasih sudah meluangkan sedikit waktu anda untuk mampir ke blog ini, saya Angelo Brand, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »