Penyebab dan Cara Mengatasi Ghost Touch pada Smartphone Xiaomi

Sabtu, April 14, 2018
Penyebab dan Cara Mengatasi Ghost Touch di Xiaomi Redmi 4A - Smartphone merupakan sebuah alat elektronik yang mampu menghubungkan seseorang dengan oran lain dengan mudah. Sebagai alat elektronik, tentunya smartphone akan rentan mengalami kesusakan. Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang Penyebab dan cara mengatasi ghost touch atau layar smartphone bergerak sendiri. Hal ini sudah saya alami sendiri di smartphone Xiaomi Redmi 4A saya dan setelah melakukan beberapa tes akhrnya berhasil menemukan masalahnya. Penasaran ? Yuk simak baik-baik artikel berikut ini.


Apa itu ghost touch ?

Buat kalian yang tidak mengerti atau belum tahu tentang ghost touch, ghost touch adalah keadaan dimana layar smartphone anda beroperasi sendiri tanpa disentuh. Jadi misalnya bagian tertentu pada layar smartphone kamu akan mencet-mencet sendiri, padahal di area tersebut tidak ada yang menyentuhnya.

Apa penyebab terjadinya ghost touch ?

Setelah bertanya-tanya dan mencari solusi di grub-grub Mi Lovers, banyak dari mereka yang berpendapat kalao ghost touch itu terjadi karena ada kerusakan pada LCD tau Touchscreen smartphone tersebut, saran mereka rata-rata menyuruh untuk mengganti touchscreen. Namun bagaimana dengan smartphone xiaomi yang baru berumur 1 bulan lebih ?

Smartphone Xiaomi Redmi 4A milik saya belinya sekitar awal Desember 2017 dan pertama kali mengalami ghost touch saat pertengahan Februari 2018. Layarnya sempat kembali normal dalam beberapa hari namun tidak lama mulai ghost touch lagi, saya sudah melakukan penggantian charger, flashing ROM ulang, reset data pabrik dan hasilnya sama saja. Namun akhirnya setelah saya sabar dan terus mencari solusinya, akhirnya saya menemukannya dan smartphone saya sudah bisa bekerja kembali dengan normal. Berikut ini beberapa screenshot smartphone Redmi 4A saya yang terkena ghost touch, untuk bermain Mobile Legends sangat tidak nyaman, hal ini juga menyebabkan tombol home, back dan menu tidak berfungsi saat ditekan.




Bagaimana cara mengatasi ghost touch?

Jadi sekarang bagaimanakah cara mengatasi ghost touch pada smartphone xiaomi tadi ? Caranya ada cukup banyak, silahkan kamu coba saja satu-persatu sampe menemukan jawabannya sendiri.

1. Restart Paksa Ponsel Xiaomi

Jika terjadi ghost touch, cara pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan me-restart paksa perangkat xiaomi kamu. Karena jika dalam kondisi ghost touch, maka tombol home, back, menu dan seluruh bagian layar kemungkinan tidak bisa beroperasi. Untuk me-restart secara paksa kamu bisa menekan tahan tombol power selama kurang lebih 10 detik dan smartphone akan mati dan kemudian hidup kembali.


2. Periksa Charger Smartphone Kamu

Jika saat ini kamu menggunakan charger bukan bawaan merek smartphone kamu, maka tidak heran lagi kalau ghost touch terjadi. Salah satu alasan kenapa terjadi ghost touch adalah karena penggunaan charger yang tidak original, alhasil jumlah energi listrik yang masuk ke baterai smartphone menjadi tidak stabil dan akhirnya bisa menimbulkan ghost touch. Saran saya sebaiknya gunakan charger original dan kalau misalnya charger asli sudah rusak, silahkan kamu ganti dengan yang baru sesuai dengan merek dan tipe smartphone yang kamu gunakan.

3. Reset data Pabrik

Cara mengatasi ghost touch yang ketiga bisa kamu lakukan dengan melakukan reset data pabrik. Proses ini akan menghapus seluruh data yang ada pada memori internal smartphone anda. Jadi sebelum melakukannya, ada baiknya kamu mem-backup semua data-data penting di smartphone kamu. Jika setelah reset data pabrik smartphone kembali normal, maka kesimpulannya ghost touch terjadi karena ada file virus atau semacamnya pada smartphone kamu.

4. Flashing Ulang ROM

Jika cara diatas tidak bekerja, silahkan lakukan flashing ulang ROM smartphone kamu. Untuk proses flashing sendiri bisa kamu lakukan lewat MiFlash Tool atau lewat Updater. Jika setelah melakukan flashing smartphone kamu sudah kembali normal, maka kemungkinan besar ghost touch terjadi karena adanya bug pada ROM yang kamu gunakan sebelumnya. Namun jika belum berhasil, silahkan lanjut ke cara kelima.

5. Periksa Arus Listrik pada Stop Kontak

Jika masalah ghost touch bukan dari chargernya, ada baiknya kamu periksa arus listrik pada stop kontak. Karena jika stop kontak yang digunakan mengalami kerusakan, maka bisa dipastikan ghost touch berasal dari sini. Solusi ini saya temukan ketika saya melakukan charger pada stop kontak lain selama beberapa hari dan akhirnya ghost touch hilang, saat charger lagi di stop kontak yang pertama ghost touch langsung muncul lagi. Alhasil stop kontak yang lama langsung saya ganti dengan yang baru. Tidak hanya menyebabkan ghost touch, baterai smartphone saya juga menjadi sangat boros karena stop kontak yang rusak.

6. Mengganti Touchscreen itu Sendiri

Cara terakhir yang paling ampuh mengatasi ghost touch adalah dengan membeli touchscreen yang baru. Karena jika dari kelima cara diatas tidak ada yang berhasil, maka kemungkinan besar ghost touch terjadi karena adanya kerusakan pada touchscreen smartphone kamu. Terlebih lagi jika smartphone kamu sudah berumur diatas 4 tahun, ada baiknya kamu merawat dengan mengganti touchscreen.

Tambahan: Cara ini tidak hanya bekerja untuk smartphone Xiaomi saja, melainkan bisa kamu terapkan pada merek smartphone lain yang terkena isu ghost touch. Namun dari pengalaman saya sendiri, saya hanya menemukan masalah ini pada Xiaomi Redmi 4A saya dan akhirnya berhasil menemukan solusinya.

Terima kasih sudah membaca tulisan saya tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Ghost Touch di Xiaomi Redmi 4A. Jika kamu punya pertanyaan atau masukan, jangan lupa komentar dibawah ya. Saya Angelo Brand, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »