Cara Mudah Flashing ROM Xiaomi via Updater Tanpa PC

Selasa, April 17, 2018

Cara Mudah Flashing ROM Xiaomi via Updater Tanpa PC - Flashing merupakan proses penginstalan ulang perangkat Android layaknya instalasi windows pada komputer. Flashing biasanya dilakukan untuk mengupgrade atau memperbarui sistem Miui pada Xiaomi, kadang juga bertujuan untuk memperbaiki perangkat Xiaomi yang mengalami bootlop. Flashing bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya melalui media Updater. Kali ini saya mau bagi tutorial tentang cara flashing rom xiaomi via updater tanpa pc. Bagaimana caranya? Yuk simak baik-baik dari awal.


1. Pertama-tama, kamu wajib mendownload ROM yang ingin kamu gunakan. Untuk ROM Xiaomi sendiri bisa kamu download di situs resminya http://www.miui.com. Pastikan untuk mendownloadnya sesuai dengan tipe perangkat Xiaomi anda, karena disini saya menggunakan Redmi 4A maka saya akan mendownload ROM dari Redmi 4A.

2. Jika sudah selesai mendownloadnya, silahkan pindahkan ROM tersebut langsung ke memori internal (jangan masukan kedalam sebuah folder). Pastikan juga sudah membuat salinan dari ROM tadi karena setelah flashing, ROM yang ada di memori internal akan terhapus otomatis.

3. Tambahan sedikit, sebelum flashing pastikan daya baterai Xiaomi minimal 30%. Karena kalau lebih kecil dari itu maka proses flashing tidak bisa dilakukan. Silahkan charger perangkat Xiaomi terlebih dahulu.


4. Jika sudah siap, pergi ke menu Updater dan klik tanda titik di sudut kanan atas. Nanti akan muncul beberapa pilihan, silahkan klik pada menu Pilih paket pembaruan.



5. Selanjutnya kamu disuruh untuk mencari file ROM yang sudah didownload tadi. Silahkan cari dan jika sudah temukan, klik Ok atau tanda centang.


6. Sampai disini proses flashing akan dimulai dari 0% hingga 100%, prosesnya memakan waktu sekitar 5 hingga 10 menit. Pada saat proses flashing sebaiknya biarkan smartphone kamu dalam keadaaan tidak digunakan.

7. Jika sudah selesai akan ada perintah untuk merestart smartphone kamu, silahkan kamu restart dan saat kembali ke Home page akan otomatis menggunakan versi ROM yang kamu instal tadi. Untuk mengeceknya kamu bisa pergi ke Pengaturan lalu klik pada menu Tentang Ponsel.

Tambahan: Proses flashing via Updater bisa kamu lakukan untuk mengupgrade Miui, namun tidak bisa digunakan untuk downgrade. Jika kamu ingin melakukan downgrade kamu bisa flashing melalui PC menggunakan Mi Flash Tool.

Itulah tutorial dari saya tentang bagaimana Cara Flashing ROM Xiaomi via Updater Tanpa PC. Terima kasih telah membaca dan semoga berhasil saat mencobanya. Jika kalian punya pertanyaan atau saran, jangan malu tulis di kolom komentar ya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »